+62 878 8999 6864 [email protected]

Tahukah Sahabat:

70% orang keturunan Asia dan Afrika menjadi intoleran sebagian/sepenuhnya terhadap laktosa menginjak usia 4 tahun.

Intoleransi laktosa (Ing: lactose intolerance) merupakan suatu kondisi dimana tubuh tidak dapat mencerna laktosa yang merupakan bentuk alami gula pada susu dan produk olahan susu. Intoleransi ini harus dibedakan dengan alergi susu dimana kekebalan tubuh kita terlalu reaktif terhadap komponen tertentu dalam susu, umumnya protein lactalbumin dan kasein.

lactose intolerant

Intoleransi laktosa terjadi ketika usus kecil tidak memproduksi laktase – enzim pencerna laktosa. Laktase yang tidak tercerna akan melalui usus besar dan menimbulkan gejala tidak nyaman seperti kembung, muntah, sakit perut maupun diare. Beberapa orang sama sekali tidak dapat mentoleransi produk susu, namun ada juga yang masih dapat mengkonsumsi susu meskipun dalam jumlah sedikit.

Orang dewasa lebih umum mengalami kondisi ini, terutama dari keturunan asli Amerika, Asia dan Afrika. Penyebabnya beragam; mulai dari genetik (keturunan), peradangan dinding usus, sampai penyakit yang menyebabkan usus halus dipotong. Dengan demikian, intoleransi laktosa juga beragam – bisa sebagian ataupun sepenuhnya tidak dapat mencerna laktosa dan bisa sementara ataupun permanen.

Terkadang ada bayi yang terlahir dengan intoleransi laktosa dan biasanya mereka seumur hidup tidak dapat mencerna laktosa. Sedangkan ada bayi-bayi prematur yang mengalami intoleransi laktosa karena usus kecilnya belum mampu memproduksi laktase. Seiring dengan bertambahnya usia, bayi-bayi prematur ini mungkin saja dapat mencerna laktosa.

Kabar baiknya, intoleransi laktosa masih dapat diatasi dengan mengkonsumsi suplemen laktase sebelum menikmati produk susu. Seiring waktu, kebanyakan orang dapat menemukan “takaran” yang pas sebelum mereka mengalami gejala-gejala intoleransi laktosa.

Oleh dr. Rika Christina, CNP, C.Ht


Referensi:

Murray M, Pizzorno J. Lactose Intolerance. Encyclopedia of Natural Medicine. 3rd ed. New York: 2012

WebMD. Lactose Intolerance – Topic Overview. Mar 2014.